Minggu, 18 September 2011

SWOT Gitu Loh (Bag. 4) #Threat


Sedangkan threat atau halangan, ancaman, rintangan, adalah sesuatu yang sering kita kambinghitamkan untuk kegagalan atau kekalahan kita.

Misal, suatu hari Ujang si Santri saya bonceng. Dalam boncengan itu dia bercerita, “Mang Haji, sayah mah mau ngaji juga susah bener. Harus bolak-balik ke rumah buat ngurus keponakan sayah yang masih bayi. Orangtuanya jadi TKI. Makanya oranglain sudah hafal bait mana, sayah mah masih belum juga.”

Padahal, kita semua memiliki rintangan sendiri-sendiri. Kalau kita berpikir rintangan hidup kita telah secara tidak adil membuat kita kalah, berarti kita kurang berjuang keras. Kita bisa menyalahkan orangtua kita yang miskin sehingga kita gagal. Tapi orang yang kaya juga bisa menyalahkan kurangnya perhatian orangtua sehingga mereka terjebak narkoba.

Kalau rintangan kita berupa jarak yang jauh ke sekolah, berarti kita harus bangun lebih pagi. Mau tidak mau. Suka tidak suka. Kalau rintangan kita berupa tidak mampu beli buku, berarti kita harus jadi pengunjung tetap dan rutin perpustakaan daerah. Mau tidak mau. Suka tidak suka. Kalau rintangan kita berupa lingkungan yang tidak kondusif, maka mau tidak mau kita kuat melawan arus.

Kalau boleh main ibarat, threat itu kayak lawan kita di arena gladiator. Mungkin satu hari kita ‘beruntung’ mendapat lawan yang kurus kering belum makan satu bulan, tapi siapa tahu esok lusa kita mendapat lawan raksasa bertubuh gagah bertanduk menjangan. Tapi siapapun lawan yang ‘dipilihkan’ untuk kita, kita tetap harus mampu mengalahkannya jika tetap ingin HIDUP.

Dalam banyak kisah sukses, salah satu kiat menyiasati rintangan itu adalah menjadikannya kesempatan. Melawan seorang yang bertubuh tegap bak raksasa bertanduk menjangan memang tidak bisa dengan sebuah pukulan langsung. Mungkin kita harus berlari ke sudut-sudut tertentu, membuat dia pusing mencari-cari kita, berbalik dan terus berbalik sampai urat lututnya putus. Siapa tahu bisa demikian. (sebenarnya, trik tadi terinspirasi dari film Samurai X, hihihi).

Lagipula, rintangan adalah kesempatan kita menguji kemampuan diri, kemantapan hati, keteguhan jiwa. Rintangan adalah kesempatan bagi kita menaikkan level diri, kelas diri. Rintangan adalah kesempatan kita untuk berjuang lebih keras dari yang kita pikir mampu kita lakukan. Apapun rintangannya, minumnya tetap air putih sajaaah. Ahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar