Kamis, 29 Maret 2012

Meluapkan Aspirasi

Jadi bagi kawan-kawan yang memilih berdemo sebagai jalan yang baik dan benar untuk menyampaikan aspirasi, maka berdemolah dengan tertib dan aman. Hormati pula hak-hak kaum yang tidak sependapat. Jamin keselamatan dan kenyamanan bagi masyarakat atau perusahaan yang tidak bersalah. Percayalah, walaupun niat dan tujuannya baik, kalau prosesnya buruk, akan buruk pula hasilnya.


Rekan-rekan mahasiswa jangan mau dipolitisir, jangan mau dijadikan pion catur yang menguntungkan oknum politikus atau partai tertentu. Jika ingin berjuang, berjuanglah atas dan untuk rakyat, yang karenanya tidak boleh merusak fasilitas umum apalagi menjarah dan mengganggu ketertiban.


Anda boleh dan berhak merasa benar, tapi marilah sama-sama menghormati kebenaran yng dipercayai oleh oranglain. Jika menurut Anda BBM naik itu melanggar konstitusi, belum tentu secaa de facto memang demikian. Kajian mengenai kenaikan BBM kan tidak semuanya negatif.


Dan yang lebih penting, bertindaklah atas sesuatu yang Anda ketahui duduk perkaranya, karena mengambil kesimpulan tanpa analisis hanya akan menghasilkan kesimpulan yang keliru. Jadi jika Anda merasa kalau kenaikan BBM itu salah karena teman bilang salah, Anda mungkin harus kembali meninjau ulang keyakinan Anda.


Sekali lagi jangan mudah terprovokasi, karena sekali Anda merusak nama baik Anda, maka masyarakat bisa tidak lagi 'mempercayai' Anda. Saya percaya kawan-kawan mahasiswa mampu berpikir objektif bersikap dewasa. Tapi itu masih tidak menutup kemungkinan tidak adanya kepentingan politis yang menumpang tenar--disadari ataupun tidak oleh mahasiswa.


Semoga Indonesia menjadi lebih baik.


Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar